10 Daftar Hidangan untuk Arisan Keluarga Mudah Dibuat

Hidangan untuk Arisan Keluarga – Arisan bisa diikuti oleh siapa saja dan umumnya akan ada anggota yang berkumpul di rumah ketua arisan. Begitu juga saat mengadakan arisan bersama keluarga.

Memang identik dengan makanan, sebab sudah pasti tuan rumah tidak membiarkan anggota arisan datang tanpa disuguhkan apa pun. Menyediakan hidangan pun termasuk suatu kebaikan yang tak boleh diremehkan. Lalu apa menu yang sebaiknya disajikan?

Hidangan untuk Arisan Keluarga

Sajikan Menu Berikut Sebagai Hidangan Untuk Arisan Keluarga

  1. Rolade Labu Kuning

Labu kuning memiliki kandungan beta karotin yang tinggi. Juga mengandung vitamin A yang sangat bagus untuk tubuh. Sesuai dengan namanya, maka yang digunakan di sini bukan  labu kuning saja. Namun juga digunakan daging giling, telur, tepung panir dan tepung maizena. Olahan ini tentunya aman dan sehat untuk dikonsumsi. Sebab tidak mengandung bahan kimia bahkan menggunakan bahan berkualitas.

  1. Bubur Jagung Mutiara

Bubur yang sudah jelas kaya akan kandungan karbohidrat ini sangat bagus dijadikan daftar hidangan untuk arisan keluarga di siang hari ataupun sore hari. Juga termasuk makanan sehat untuk penderita diabetes. Jagung yang akan digunakan diblender terlebih dulu. Kemudian dimasak bersama santan, daun pandan, garam dan gula pasir. Sesuai dengan namanya, maka ditambahkan mutiara serta tepung sagu agar lebih kental.

  1. Tahu Manthili

Menu yang sangat bagus sebagai sumber protein nabati. Selain itu, tahu disukai oleh semua orang baik anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Oleh karena itu sangat cocok disajikan dalam acara arisan keluarga. Tahu diolah bersama telur, bumbu, daun seledri serta wortel yang sudah diparut. Jadi, tahu ini tidak digoreng melainkan di kukus.

  1. Kukis Pisang Sereal

Pisang juga buah yang sehat bahkan sangat bagus dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Mengingat pisang sudah dikenal sejak zaman dulu, tentu semua anggota arisan bisa menikmatinya dengan senang hati. Namun sajian ini tentunya berbeda sebab pisang berpadu dengan sereal. Pisang yang sudah dihaluskan langsung dicampur bersama sereal. Selanjutnya ada tambahan mentega, susu dan vanili sebelum dimasukkan ke cetakan ataupun Loyang.

  1. Puding Tahu Isi Buah

Puding ini menggunakan tahu tidak sembarangan sebab tahu Jepang lebih bagus. Selain rasanya yang unik, tahu Jepang pun memiliki tekstur yang lembut sehingga dikenal juga dengan nama tahu sutra. Menggunakan gula pasir dan susu serta agar-agar putih. Buah yang digunakan seperti mangga dan stroberi  setelah dipotong-potong langsung dituang ke adonan. sehingga menghasilkan tampilan yang menarik. Apalagi rasanya bercampur antara rasa mangga dengan stroberi.

Rekomendasi : Nasi Tumpeng Blok M

  1. Singkong Lapis Pelangi

Jika dilihat dari tampilannya langsung terpikir singkong lapis pelangi memiliki tekstur yang kenyal. Memang benar,  selain kenyal juga legit saat digigit karena menggunakan daging ubi yang sudah dihaluskan. Selain itu, menggunakan bahan berupa santan, agar-agar, gula pasir dan pewarna. Sehingga tidak mengherankan teksturnya begitu kenyal dengan rasa yang manis sangat cocok sebagai ide hidangan untuk arisan keluarga.

Kreasi singkong lapis pelangi memang berbeda dengan singkong rebus pada umumnya. Meskipun singkong rebus juga dinikmati bersama parutan kelapa, tetapi rasanya berbeda dan teksturnya pun agak berbeda. Boleh jika ingin menggunakan topping cokelat ataupun parutan keju agar lebih menarik lagi.

  1. Puding Cincau

Siapa yang tidak suka cincau? Pasti semua suka makanan yang teksturnya seperti agar-agar. Sejuk saat masuk ke mulut bahkan sangat banyak dihidangkan saat bulan puasa. Hampir semua orang menyukainya terutama orang tua sebab ciri khas cincau yang kenyal dan sejuk. Kemudian disajikan bersama puding pasti akan lebih menarik dan lezat.

Puding cincau umumnya disajikan bersama gula merah sehingga rasanya manis. Namun ada juga puding cincau santan tak kalah menyegarkan saat masuk ke tenggorokan. Selain itu, juga bagus untuk kesehatan tubuh. Bahkan sering dimanfaatkan sebagai hidangan penutup keluarga. Meskipun hadirnya puding cincau sudah sangat lama, tetapi hingga kini masih banyak peminatnya.

  1. Lemet Singkong

Lemet singkong ialah makanan tradisional dimana untuk daerah tertentu sering disajikan dalam acara keluarga. Umumnya menggunakan bahan isi berupa parutan kelapa dan dagingnya bersama potongan nangka. Bahannya sangat mudah diperoleh dengan rasa yang tak perlu diragukan lagi.

Memiliki tekstur yang kenyal dan rasa manis gula. Bentuknya memanjang dan dibungkus menggunakan daun pisang sehingga jika digigit akan tercium wangi daun pisang. Lebih lengkap dinikmati bersama segelas teh  ataupun kopi.

  1. Pisang Panggang Leleh Cokelat

Sesuai dengan namanya, maka buah pisang yang digunakan dibelah terlebih dulu. Selanjutnya dipanggang di atas wajah yang sudah diolesi margarin. Jika sudah berubah warna menjadi kuning kecokelatan, angkat. Kemudian baru disiram cokelat leleh lengkap degan taburan parutan keju.

Tentunya sangat mantap rasanya sebagai inspirasi hidangan untuk arisan keluarga. Mulai dari manis pisang, berpadu dengan manis cokelat dan asin keju. Sangat-sangat lezat pasti akan ketagihan anggota keluarga yang mencicipinya. Bahkan bisa dipastikan baru disajikan langsung habis ludes.

  1. Kentang Panggang Lapis Bayam Merah

Umumnya kentang goreng menjadi peminat banyak orang? Namun menu ini berbeda sebab kentang dipanggang dan harus dicicipi. Kemudian dicampur bersama bayam menjadi olahan makanan sehat untuk para anggota arisan.

Kentang dikukus terlebih dulu dan daun bayam diseduh menggunakan air panas. Jadi bukan menggunakan bayam mentah, ya. Kentang panggang disajikan bersama parutan keju. Akan lebih enak lagi bersama mayonaise dan saus sambal tomat.

Inilah 10 jenis ataupun menu yang bisa disajikan di acara arisan keluarga. Memang semua jenis makanan tersebut bisa dibuat dengan mudah tetapi jika memiliki pengalaman. Sebab jika tidak tahu cara memasak, maka semua akan berantakan. Sehingga lebih mudah jika hidangan untuk arisan keluarga dipesan di catering.

 

Share Button