Cara Membuat Yoshinoya Beef Bowl

Kita semua pasti mengetahui, jika saat ini kita sedang memasuki era globalisasi. Semakin canggihnya teknologi, berkembangnya jaringan internet, dan banyaknya transportasi yang bisa digunakan membuat kita bisa mengetahui apa saja yang terjadi di seluruh dunia. Hal ini juga dimanfaatkan bagi banyak negara untuk bisa menyebarluaskan pengaruh mereka ke penjuru bumi, umumnya karena adanya motif ekonomi. Maka tak heran jika saat ini kita sering sekali melihat banyak negara yang mulai memperkenalkan budaya yang mereka miliki.

Ada beberapa negara yang saat ini menguasai dunia lewat budaya yang mereka sebarluaskan, salah satunya adalah Jepang. Negara dengan julukan Negeri Sakura ini memang tidak main-main dalam menguatkan pengaruhnya di kancah dunia. Beberapa hal yang mereka jadikan komoditas untuk dipasarkan ke seluruh dunia antara lain teknologi, film, game, lagu, komik, anime, serta kuliner. Ada banyak sekali jenis kuliner dari Jepang, salah satunya adalah gyudon.

Mengenal Tentang Gyudon

Seperti yang disebutkan tadi, ada banyak sekali jenis kuliner dari Jepang. Anda mungkin sering sekali mendengar atau menemukannya di Indonesia, seperti sushi, ramen, soba, tempura, dan salah satunya gyudon. Tapi tahukah Anda apa itu gyudon? Gyudon sendiri berasal dari bahasa Jepang gyu yang berarti daging sapi dan donburi yang berarti makanan yang disajikan di atas semangkuk nasi. Sesuai dengan namanya, gyudon adalah makanan berupa semangkuk nasi yang di atasnya akan ditaruh irisan daging yang dimasak dengan bawang bombay kecap asin dan gula. Tentunya gyudon sendiri juga ditambahkan shichimi (campuran rempah dan cabai), benishoga (asinan jahe), dan telur ayam mentah sebagai pelengkap.

Jika berbicara masalah gyudon, tentu kita tidak bisa melupakan satu nama, Yoshinoya. Yoshinoya adalah salah satu restoran siap saji yang berasal dari Jepang. Restoran ini didirikan oleh seseorang bernama Eikichi Matsuda pada tahun 1899 di Tokyo. Restoran yang awal mulanya berdiri di pasar ikan Nihonbashi, Chuo-ku, Tokyo ini sejak awal memang menjadikan gyudon menjadi menu utama yang mereka jual. Semakin lama, restoran ini pun semakin berkembang dan memulai untuk berekspansi ke banyak negara, salah satunya Indonesia. Pernah dibuka tahun 1994 namun tutup di tahun 1998 akibat krisis ekonomi, Yoshinoya hadir kembali pada tahun 2010 dan membuka banyak gerai di kota besar. Dengan mempertahankan resepnya yang legendaris, membuat banyak orang yang menyukai menu beef bowl dari Yoshinoya. Rasanya yang manis dan juga gurih membuat restoran ini tidak pernah sepi karena banyak yang ingin mencoba.

Resep Membuat Yoshinoya Beef Bowl/Gyudon

Saat ini kita sedang kesulitan karena adanya pandemi virus Corona. Untuk menghindari persebaran yang semakin meluas, kita diminta untuk tetap berdiam diri di rumah sampai waktu yang belum ditentukan. Hal ini jelas sangat menyusahkan bagi mereka yang ingin beraktivitas di luar, seperti misalnya jalan-jalan dan makan di Yoshinoya. Bagi Anda yang kangen dengan rasa beef bowlnya Yoshinoya, Anda tak perlu khawatir sebab Anda bisa membuatnya di rumah. Berikut adalah resep dan cara memasaknya.

  1. Siapkan alat dan bahan. Bahan yang Anda perlukan antara lain 250 gr daging sapi, ½ buah bawang bombay yang diiris tipis, dua siung bawang putih cincang, lada, dan garam. Anda juga membutuhkan bahan saus seperti 3 sdm kecap asin Jepang, 2 sdm minyak wijen, dan 50 ml kaldu dashi.
  2. Campurkan kecap asin,, minyak wijen, dan kaldu dashi di mangkok kecil lalu sisihkan terlebih dahulu.
  3. Tumis bawang bombay hingga layu kecokelatan, masukkan daging dan masak hingga berubah warna, lalu masukkan bawang putih dan masak hingga wangi.
  4. Masukkan campuran kecap asin di awal ke tumisan. Besarkan api dan masak hingga bumbu menyerap ke daging. Jangan lupa untuk membumbui daging dengan garam dan merica.
  5. Sajikan daging di atas semangkuk nasi yang masih hangat.

Nah itulah tadi resep untuk membuat Yoshinoya Beef Bowl. Sangat mudah untuk dicoba di rumah bukan?

Share Button