Kuliner Khas Lumajang

Kuliner Khas Lumajang – Untuk Anda yang suka mendaki, mungkin sudah banyak yang mencoba mengunjungi Kota Lumajang. Kota Lumajang yang terkenal dengan pendakian gunung Semerunya memang menjadi kota tujuan para pendaki.

Namun selain kaya akan keindahan alam berupa gunungnya, Lumajang juga memiliki makanan yang khas. Makanan tersebut juga tidak kalah banyak diincar oleh para wisatawan. Berikut adalah beberapa makanan yang khas dari Lumajang dan bisa Anda coba.

Kuliner Khas Lumajang

Daftar Kuliner Khas Lumajang dengan Olahan Unik

  • Keripik Nangka

Kuliner yang pertama adalah dalam bentuk camilan yang bisa Anda coba. Lumajang selain mengolah keripik pisang, juga mengolah keripik Nangka. Keripik ini juga banyak dijadikan oleh-oleh untuk wisatawan yang datang ke Lumajang. Cukup mudah untuk menemukan keripik ini karena memang juga banyak yang menjualnya.

  • Martabak Lumajang

Martabak pasti adalah hidangan yang sudah biasa, namun jika Anda ingin mencoba martabak yang berbeda, maka bisa mencoba martabak Lumajang. Untuk bahan utamanya sama saja dengan martabak pada umumnya, yaitu dengan tepung dan telur. Hanya saja martabak Lumajang ini menggunakan tambahan petis pada bumbunya. Hal inilah yang membuat rasanya berbeda dengan martabak pada umumnya.

Martabak ini juga bisa Anda nikmati dalam keadaan hangat. Bisa untuk camilan atau juga bisa Anda nikmati dengan nasi hangat. Biasanya juga akan menggunakan pendamping seperti saus sambal atau cabai rawit.

  • Pecel Telo

Kuliner khas Lumajang murah yang bisa Anda temukan adalah pecel telo. Pecel ini menggunakan isian seperti kecambah, kacang, genjer dan semanggi. Hidangan ini termasuk dalam kuliner khas Lumajang yang juga banyak disukai semua orang. Pecel telo ini hampir sama dengan pecel pada umumnya. Hanya saja menggunakan campuran kacang dan telo.

  • Keripik Pisang

Selain keripik Nangka, Lumajang juga memiliki keripik khas yang lain yaitu keripik pisang. Keripik pisang ini menjadi camilan khas yang harus Anda beli jika berkunjung ke Lumajang. Lumajang yang merupakan penghasil pisang dengan jumlah yang banyak, maka dimanfaatkan untuk membuat keripik pisang. Keripik pisang tersebut bahkan banyak yang memiliki aneka macam rasa yang bisa Anda coba.

Camilan khas Lumajang ini akan mudah Anda temukan karena juga banyak yang menjualnya. Akan sangat cocok bila menikmati sore atau malam hari dengan camilan keripik pisang ini.

Baca juga : Nasi Tumpeng Cawang

  • Tape Pisang

Tape biasanya akan terbuat dari singkong, namun berbeda dengan tape yang ada di Lumajang. Tape ini terbuat dari pisang, hal ini juga karena Lumajang adalah daerah penghasil pisang yang banyak. Teksturnya juga sangat lembut ketika dimakan. Ada banyak sekali orang yang jual kuliner khas Lumajang tape pisang ini. Jadi Anda juga tidak perlu bingung untuk mencarinya.

  • Kue Latok

Lumajang memiliki hidangan atau kuliner dengan cita rasa yang manis. Hidangan tersebut bernama kue latok. Kue latok ini merupakan hidangan yang khas dan cukup terkenal di Lumajang. Kue ini memiliki warna yang menarik yaitu merah dan hijau. Pada bagian atasnya akan ada taburan dari parutan kelapa sehingga rasanya akan semakin gurih.

Cita rasa dari hidangan ini manis sehingga akan cocok Anda gunakan untuk camilan. Selain itu harganya juga cukup terjangkau dan bisa Anda temukan dipasar-pasar tradisional.

  • Lupis

Selain kue latok, Lumajang juga terkenal dengan kue lupisnya. Untuk Anda yang menyukai kue manis, maka akan sangat cocok jika mencoba kue ini. Kue tradisional ini terbuat dari bahan beras ketan yang dibungkus. Kemudian akan dihidangkan dengan siraman gula merah kental dan kelapa parut. Bentuknya sendiri juga unik, yaitu segitiga.

Rasa dari kuenya yang manis akan sangat cocok jika Anda santap sebagai camilan di sore hari. Lupis ini kebanyakan akan Anda temukan di pasar-pasar tradisional. Biasanya selain lupis juga hidangan ini akan cocok dengan pendamping lainnya yang juga bercita rasa manis. Namun jika tidak menemukannya, Anda bisa pesan kuliner khas Lumajang ini melalui catering.

  • Bledus

Bledus ini merupakan camilan asal Lumajang yang juga bisa menjadi pendamping untuk makan lupis. Dari namanya memang sedikit aneh, namun cita rasanya cukup enak. Bledus ini terbuat dari bahan jagung. Jagung tersebut nantinya akan dipipil dan direndam selama satu malam. Setelah itu besoknya akan direbus hingga empuk.

Jagung yang sudah matang tersebut akan ditaburi dengan kelapa parut dan juga sedikit garam. Hasilnya akan memberikan cita rasa yang gurih. Biasanya bledus ini akan mudah Anda temukan pada penjual lupis juga di pasar-pasar tradisional Lumajang.

  • Lontong Petis

Hidangan ini termasuk yang cukup populer di Lumajang. Namanya adalah lontong petis. Sesuai dengan namanya, hidangan ini adalah lontong dengan lauk berupa sayuran, telur, ayam suwir, daun kucai, tahu, kecambah dan seledri. Kemudian untuk kuah atau sausnya sendiri menggunakan bumbu petis.

Banyak wisatawan yang mencari hidangan ini ketika pergi ke Lumajang. Rasanya sangat gurih dan lezat. Selain itu dari segi harga juga sangat terjangkau.

  • Pisang Agung

Lumajang memang daerah yang terkenal sebagai penghasil pisang yang berlimpah. Salah satunya adalah pisang agung. Pisang ini memiliki ukuran yang cukup besar. Sekitar dua kali lebih besar daripada pisang biasanya. Oleh karena itu banyak juga wisatawan yang membelinya untuk oleh-oleh. Biasanya pisang ini akan banyak Anda temukan pada pedagang pinggir jalan.

Demikian artikel mengenai kuliner khas Lumajang yang harus dicicipi jika ingin sesuatu yang unik dan sedap.

Share Button