Manfaat Telur dan Tips Makan Telur untuk Fitness

Tips Makan Telur untuk FitnessTelur merupakan sumber protein yang dapat membentuk otot dengan baik. akan tetapi tidak semua bagian otot dapat digunakan. Untuk membentuk otot hanya dianjurkan mengonsumsi putih telur saja. Telur mengandung tinggi protein, meskipun sama dengan sumber protein lain seperti ikan, ayam, dan lainnya. akan tetapi telur memiliki protein yang tinggi dan lemak yang rendah.  Selain itu telur dianggap lebih mudah didapat dan diolah. Sebaiknya gunakan tips makan telur untuk fitness untuk menu yang lebih bervariasi. 

Tips Makan Telur untuk Fitness

Manfaat telur untuk kesehatan dan pertumbuhan otot

Telur sebenarnya disukai oleh semua orang terutama anak-anak. Biasanya telur dijadikan alternatif sarapan karena mudah diolah. Selain rasanya yang enak, telur juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan terutama bagian putih telur. Putih telur memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan kalorinya yang rendah. Berikut ini manfaat putih telur untuk kesehatan dan pertumbuhan otot antara lain:

  1. Membantu pertumbuhan otot 

Mengonsumsi putih telur dengan rutin dapat membantu pertumbuhan otot dan memperbaiki jaringan otonya. Akan tetapi harus diimbangi juga dengan olahraga secara teratur dan mengonsumsi air putih yang cukup. 

  1. Menurunkan berat badan 

Putih telur juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Sebab putih telur mempunyai kandungan lemak yang rendah sehingga sangat dianjurkan sebagai menu dalam program diet. Sedangkan kandungan protein di dalamnya bermanfaat mengontrol tubuh terhadap asupan kalori. Oleh karena itu orang yang mengonsumsi putih telur akan kenyang lebih lama. 

  1. Menghindari risiko penyakit kanker 

Manfaat selanjutnya membantu menghindari risiko terkena penyakit kanker. Sebab putih telur mengandung selenium. Selain itu putih telur juga sangat efektif membantu seseorang khususnya laki-laki untuk menghindari kanker prostat. 

  1. Meningkatkan sela darah merah 

Putih telur mengandung zat besi yang berguna meningkatkan produksi sel darah merah yang sangat penting bagi tubuh. Tubuh yang kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia atau kekurangan darah. Sehingga mengonsumsi putih telur adalah solusi meningkatkan sel darah merah dalam tubuh. 

  1. Tidak mengandung kolesterol 

Hal tersebut tentu saja sangat baik bagi penderita diabetes. Putih telur bebas dari kolesterol yang ditakuti oleh pengidap penyakit gula. Maka tips agar tetap sehat mengonsumsi telur adalah tidak mengonsumsi kuning telurnya. Kuning telur mempunyai kandungan kolesterol yang sangat tinggi yang dapat mengakibatkan kolesterol menjadi meningkat.

Tips makan telur untuk fitness 

Telur adalah salah satu makanan yang mengandung protein tinggi. Hampir semua orang menyukai telur karena mudah untuk dikonsumsi. Telur sangat mudah didapatkan dan juga diolah dengan berbagai menu sesuai selera. Namun jika mengonsumsi telur untuk membentuk dan menjaga kesehatan otot maka dibutuhkan cara pengolahan telur yang baik. berikut ini tips makan telur untuk fitness antara lain:

  1. Telur rebus 

Guna membentuk otot maka yang paling baik digunakan adalah putih telur. Kandungan putih telur sangat dibutuhkan oleh otot yang terdiri dari protein, mineral, magnesium, niacin, dan riboflavin. Sementara kuning telur bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melancarkan distribusi nutrisi ke seluruh tubuh. Cara terbaik mengolah putih telur adalah dengan merebusnya karena kandungan di dalam putih telur akan tetap terjaga seperti vitamin E dan protein. Bagian kuning telur sebenarnya juga mempunyai kandungan protein, akan tetapi sangat tinggi lemak dan kolesterol sehingga tidak dapat membantu pembentukan  otot. 

  1. Telur orek 

Telur orek dapat menjadi alternatif yang bagus jika bosan dengan telur rebus. Sebaiknya bagian putihnya saja dan menggunakan minyak yang sangat sedikit. Sebab minyak yang terlalu banyak justru akan meningkatkan produksi kolesterol atau lemak pada tubuh. Selain itu juga sebaiknya minimalkan penggunaan garam atau bumbu tambahan. 

  1. Shake 

Tips makan telur untuk fitness selanjutnya adalah mencoba mengolah putih telur menjadi shake sesuai selera. Telur shake artinya mengonsumsi telur dengan menikmati putih telur yang dikocok dengan tambahan rasa seperti coklat dan lainnya. akan tetapi putih telur harus dikukus terlebih dahulu sebelum dicampur dengan bahan lain. 

  1. Telur kukus 

Telur yang dikonsumsi untuk membentuk otot sebaiknya diolah dengan acara dikukus daripada digoreng. Akan tetapi jangan sampai menaruh pelatik di dalamnya yang justru akan membahayakan kesehatan. Jika terasa bau amis, Anda dapat membuat rebusan air jahe dengan gula pasir atau gula jawa. Anda bisa langsung menikmati kukusan putih telur bersama oatmeal untuk memaksimalkan pembentukan otot. 

  1. Omelet 

Cara lain mengonsumsi telur yang lebih bervariasi dengan mengolahnya menjadi omelet. Hanya saja cukup menggunakan putiih telur dengan sedikit minyak. Olahan omelet sering kali dijadikan menu sarapan bersama oatmeal atau lainnya. 

Putih telur mentah untuk pembentukan otot?

Putih telur tidak dianjurkan dikonsumsi dalam keadaan masih mentah meskipun dengan tujuan untuk membentuk otot. Menurut medis mengonsumsi telur yang masih mentah dilarang karena mempunyai risiko telur telah terpapar bakteri salmonela yang bahaya untuk kesehatan. Maka pastikan mengolah putih telur dengan matang untuk dikonsumsi. 

Amankan makan telur setiap hari?

Mengonsumsi putih telur setiap hari sebenarnya cukup aman jika hanya bagian putihnya saja. Sebab putih telur memiliki lemak yang lebih rendah daripada kuning telur. Akan tetapi menjadi tidak baik jika mengonsumsi putih dan kuning telur secara bersamaan setiap hari. namun jika ingin kadar kolesterol tetap stabil hanya dianjurkan mengonsumsi 3 butir kuning telur dalam seminggu. 

Selain mengonsumsi telur yang banyak dengan tips makan telur untuk fitness, Anda juga harus berusaha dengan melakukan olahraga secara rutin dan menjaga pola makan dengan baik agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

Share Button