Panduan Resep Jalangkote Khas Makassar

Setiap daerah di Indonesia pasti punya makanan khas masing-masing seperti di Jogja yang punya makanan khas gudeg. Makanan ini sudah menjadi jati diri dari daerah asal makanan tersebut, karena makanan tersebut tidak akan ditemukan di daerah lainnya. Salah satu daerah yang terkenal sekali dengan makanan enaknya adalah Makassar, kota ini memang terkenal sebagai kota wisata kuliner. Sebab semua jenis makanan di kota Makassar ini sangat enak dan yang sudah mengenal makanan Makassar ini juga bukan dari dalam negeri saja. Memang jika makanan Indo sampai terkenal ke luar sangat membanggakan karena makanan Indo ternyata cocok dengan lidah orang luar. Jadi jangan hanya suka dengan makanan cepat saji saja tetapi cintai juga makanan dari daerah lokal karena rasanya enak dan lebih sehat juga.

Cara Membuat Jalangkote

Salah satu makanan andalan kota Makassar adalah jalangkote, mungkin untuk yang tidak pernah memakan makanan ini pasti tidak tahu jalangkote itu apa. Sebenarnya jalangkote itu ditemukan juga di daerah lain hanya saja untuk namanya itu yang berbeda, jalangkote disukai karena makanan ini bukan termasuk makanan berat.

Maksud dari berat ini adalah jika dikonsumsi bisa membuat badan berat, padahal aslinya makan jalangkote bisa membuat badan sehat sebab kandungan di jalangkote tidak ada yang berbahaya. Jalangkote di kota lainnya disebut juga dengan nama pastel, yang sering membuat jalangkote biasanya adalah para pengusaha katering. Sebab jika hanya untuk makanan sehari-hari saja maka repot sekali karena tahapan pembuatannya cukup banyak.

Jalangkote juga bisa terpengaruh dengan budaya luar yang masuk, dengan ikut-ikutan berubah dan perubahan ini terletak pada isian jalangkote. Jadi isiannya sudah bukan lagi daging tapi bisa saja diisi dengan isian lainnya selain daging. Untuk yang sama sekali belum pernah membuatnya maka pelajari cara berikut.

  • Siapkan Bahan Pembuatan Kulit

Jalangkote sama persis dengan pastel makanya jika mau membuat perlu menyiapkan kulit makanan ini, untuk mendapatkan bahan membuat kulit ini maka harus tahu dulu apa saja bahannya. Untuk bahan pembuatan kulit ini sangat mudah ditemukan karena di pasar tradisional juga sudah banyak. Untuk bahannya adalah tepung terigu, garam, air dan minyak goreng, setelah bahannya ada maka perlu membuat kulitnya langsung.

Proses pembuatan kulit adalah siapkan wadah untuk mencampurkan semua bahannya tadi, pertama masukan tepung dan perlahan-lahan campurkan air dan tepung. Saat proses pencampuran ini masukan juga garam pada adonan dan juga minyak gorengnya, jika adonan sudah tidak lengket lagi maka adonannya sudah siap untuk jadi kulit. Untuk adonan kulit itu belum dapat digunakan sebelum dibentuk menjadi lembaran-lembaran. Jika sudah dibentuk jadi lembaran maka lumuri dengan tepung tapioka agar antar satu kulit dengan lainnya tidak berdempetan.

  • Persiapkan Bahan Isian

Setelah kulit sudah jadi tinggal siakan isian untuk kulit tersebut, untuk isiannya bisa saja tergantung selera jadi tidak harus sesuai yang dijelaskan nantinya. Untuk bahan yang umum digunakan sebagai isian adalah daging cincang bisa ayam atau sapi, setelah itu sayuran seperti kobis, wortel dan tomat. Setelah sudah ada maka masak semua bahan hingga matang, jika sudah matang maka isian ini segera bungkus dengan kulit yang sudah tersedia. Setelah sudah masuk dengan sempurna maka tinggal menggoreng saja kulit tersebut sampai kulit berwarna kecokelatan dan jalangkote sudah berhasil dibuat.

Share Button